Assalamu 'Alaikum Wr.Wb.

"Pada hari ini telah Aku sempurnakan agamamu untukmu, dan telah Aku cukupkan nikmat-Ku bagimu, dan telah Aku ridai Islam sebagai agamu." (Al-Ma'idah)

Sabtu, 19 Mei 2012

Kewajiban Menuntut Ilmu (bagian 2)

Adapun ilmu-ilmu yang sudah diwajibkan Allah, adalah seperti: Jika seseorang sudah waktunya untuk mendirikan shalat, maka dia harus mempelajari cara bersuci dan shalat. Jika tiba bulan Ramadhan, dia harus mempelajari puasa. Jika dia sudah mempunyai harta benda dan waktunya sudah mencapai satu tahun, maka dia harus mempelajari masalaha zakat. Jika tiba musim haji dan memungkinkan baginya untuk pergi berhaji, maka dia harus mempelajari manasik haji dan hal-hal yang berkaitan dengan pelaksanaan haji.

Tentang hal-hal yang harus ditinggalkan, maka tergantung kondisinya. Sebab tidak mungkin orang buta bisa mempelajari apa yang tidak mungkin dia lihat, dan orang bisu tidak mungkin bisa mengucapkan apa yan memang tidak bisa dia ucapkan. Jika di suatu negara ada kebiasaan minum khamer dan mengenakan kedua sutra, maka dia wajib mengetahui pengharaman dua hal ini.

Tentang keyakinan, maka harus diketahui dan dipelajari berdasarkan sentuhan rasa. Jika terbetik suatu perasaan yang meragukan makna-makna yang ditunjukkan dua kalimat syahadat, maka dia harus mengetahui apa yang membuatnya bisa menghilangkan keragu-raguan itu. Jika dia berada di suatu negeri yang banyak melakukan kezhaliman, maka dia harus mencari kebenaran, sebagaimana seorang pedagang yang sekitarnya menjalankan praktik riba, maka dia harus mempelajarinya bagaimana cara mewaspadai itu.

Anak yang sudah baligh itu juga harus mempelajari iman kepada hari berbangkit, surga, dan neraka.

Dilihat dari perolehannya, ilmu yang dipelajari ada yang bersifat fardhu 'ain (harus dipelajari semua kalangan tanpa terkecuali) dan fardhu kifayah (jika dipelajari sebagian kalangan, maka dianggap cukup).

Maka, dari penjelasan di atas jelaslah bahwa yang dimaksud fardhu ain adalah ilmu yang harus dicari, atau apa yang memang berkaitan dengan diri seseorang, seperti syahadat dan shalat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bagi Yang Ingin Bertanya

Semoga semua artikel yang ada disini bermanfaat untuk kita semua.

Kategori (Daftar Isi)

Blog Kami Yang Lain

Postingan Populer

Pengunjung

Majelis Syubbanul Khoir. Diberdayakan oleh Blogger.