Assalamu 'Alaikum Wr.Wb.

"Pada hari ini telah Aku sempurnakan agamamu untukmu, dan telah Aku cukupkan nikmat-Ku bagimu, dan telah Aku ridai Islam sebagai agamu." (Al-Ma'idah)

Sabtu, 19 Mei 2012

Kewajiban Menuntut Ilmu (bagian 1)

Rasulullah saw. bersabda,
"Menuntut ilmu itu wajib atas setiap Muslim." (HR.Ahmad & Ibnu Majah)

Ibnul Jauzi berkata, "Orang-orang saling berbeda pendapat tentang ilmu yang diwajibkan ini."
Imam ghazali menjelaskan, "Perbedaan ini mencapai 20 pendapat lebih."
Kami akan coba menjelaskan beberapa saja, yang di anggap perlu diketahui.

Para fuqaha' (ahli fiqih) mengatakan, bahwa yang dimaksudkan adalah ilmu fiqih. Karena dengan ilmu ini bisa diketahui mana yang halal dan mana yang haram.
Para mufassir (ahli tafsir) dan muhaddits (ahli hadist) mengatakan, bahwa yang dimaksudkan adalah ilmu Al-Qur'an dan As-Sunnah. Karena dengan keduanya seseorang bisa mencapai semua cabang ilmu.
Orang-orang sufi mengatakan, bahwa yang dimaksudkan adalah ilmu ikhlas dan ujian-ujian jiwa.
Para mutakallim (teolog) mengatakan, bahwa yang dimaksudkan adalah teologi.
Begitu seterusnya. Masing-masing pihak mengeluarkan pernyataan yang sama sekali tidak memuaskan. Yang lebih tepat adalah ilmu mu'amalah hamba terhadap Tuhan-nya. Mu'amalah yang dibebankan disini meliputi tiga macam: Keyakinan, perbuatan, dan apa yang harus ditinggalkan.

Jadi, yang dimaksud ilmu dalam hadist di awal adalah ilmu yang wajib diketahui oleh seorang muslim yang telah mencapai usia baligh, di antaranya seperti mempelajari dua kalimat syahadat dan memahami maknanya, namun ia tidak berkewajiban dengan penelaahan dan penyertaan dalil. Cukup baginya dengan meyakini tanpa ada keraguan sedikit pun. Sebab Nabi saw. hanya meminta pembenaran dari orang-orang Arab yang bodoh, tanpa menuntut mereka untuk mempelajari dalil. Tapi yang pasti hal ini hanya dikaitkan dengan waktu alias temporal. Setelah itu dia tetap diharuskan untuk mempelajari ilmu-ilmu yang diperintahkan oleh Allah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bagi Yang Ingin Bertanya

Semoga semua artikel yang ada disini bermanfaat untuk kita semua.

Kategori (Daftar Isi)

Blog Kami Yang Lain

Postingan Populer

Pengunjung

Majelis Syubbanul Khoir. Diberdayakan oleh Blogger.