Assalamu 'Alaikum Wr.Wb.

"Pada hari ini telah Aku sempurnakan agamamu untukmu, dan telah Aku cukupkan nikmat-Ku bagimu, dan telah Aku ridai Islam sebagai agamu." (Al-Ma'idah)

Selasa, 15 Mei 2012

Keutamaan Ilmu, Belajar & Mengajar (bagian 1)

Ilmu adalah pengetahuan akan sesuatu, yang mana dengannya kita dapat mengetahui mana yang benar dan mana yang salah. Dan dengan ilmu pula seorang dapat bahagia dan sengsara. Dan sebaik-baiknya ilmu adalah ilmu dalam masalah agama islam. Itu semua karena Allah berfirman,
"Adakah sama orang-orang yang mengetahui dengan orang-orang yang mengetahui." (Az-Zumar: 9)
"Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antara kalian dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat." (Al-Mujadilah: 11)

Allah telah menjelaskan kepada kita bahwasanya tidaklah sama orang yang memiliki ilmu dan yang tidak memilikinya. Dimana Allah akan mengangkat derajat seorang, disebabkan karena ilmunya. Dan dengan ilmunya itu dia akan memperoleh kebaikan yang banyak, terutama jika yang dia pelajari adalah ilmu agamanya, karena Rasulullah saw. bersabda,
"Barangsiapa yang Allah kehendaki kebaikan pada dirinya, maka Dia memberinya pengetahuan dalam masalah agamanya." (Muttafaq 'alaih)

Orang-orang yang memiliki ilmu agama, selain mendapatkan kebaikan di dunia, juga akan mendapatkan kebaikan banyak dan derajat yang tinggi di akhirat, Ibnu Abbas ra. berkata,
"Orang-orang yang berilmu mempunyai derajat, sebanyak 700 kali derajat di atas orang-orang beriman, dimana jarak antara satu derajat ke derajat lainnya adalah 700 tahun."

Rasulullah saw. bersabda,
"Keutamaan seorang yang berilmu atas seorang ahli ibadah seperti keutamaanku atas orang yang paling hina di antara kalian."
Beliau bersabda,
"Sesungguhnya Allah dan Para malaikat-Nya serta penghuni langit dan bumi, hingga seekor semut yang berada dalam lubangnya dan ikan di laut, mereka semua benar-benar bershalawat kpada orang-orang yang mengajarkan kebaikan kepada manusia." (HR.At-Tirmidzi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bagi Yang Ingin Bertanya

Semoga semua artikel yang ada disini bermanfaat untuk kita semua.

Kategori (Daftar Isi)

Blog Kami Yang Lain

Postingan Populer

Pengunjung

Majelis Syubbanul Khoir. Diberdayakan oleh Blogger.