Assalamu 'Alaikum Wr.Wb.

"Pada hari ini telah Aku sempurnakan agamamu untukmu, dan telah Aku cukupkan nikmat-Ku bagimu, dan telah Aku ridai Islam sebagai agamu." (Al-Ma'idah)

Jumat, 18 Mei 2012

Keutamaan Ilmu, Belajar & Mengajar (bagian 6)

Dari sudut akal, tidak dapat disangkal bahwa di antara keistimewaan ilmu adalah dapat mengantarkan manusia kepada Allah dan mendekatkan diri kepadaNya. Ilmu adalah pangkal kebahagiaan abadi dan kenikmatan kekal yang tiada berujung. Dengan ilmu, manusia meraih kemuliaan di dunia dan kebahagiaan di akhirat.

Dunia adalah lahan amal untuk bekall di akhirat. Seseorang yang mengamalkan ilmunya akan menuai hasil buat dirinya berupa kebahagiaan abadi, yaitu dengan mendidik dirinya dengan akhlak dan etika yang sesuai dengan tuntunan ilmu. Demikian pula dengan orang lain, ia dapat meraih kebahagiaan abadi dengan mengambil faedah dari orang yang berilmu lewat proses belajar-mengajar. Dengan ilmunya, seorang pengajar memberikan bimbingan akhlak kepada manusia dan mengajak mereka mendekatkan diri kepada Allah, sebagaimana yang tersirat dalam salah satu firmanNya, "Serulah (manusia) kepada jalan Tuhanmu dengan hikmah dan pelajaran yang baik dan bantahlah mereka dengan cara yang baik." (An-Nahl: 125)

Orang-orang berilmu menyeru orang-orang khawas (memiliki tingkatan ilmu khusus) dengan hikmah, mengajar orang-orang awam dengan nasehat dan menghadapi para pembangkang dengan jidal (berdebat). Dengan itu, ia menyelamatkan dirinya dan orang lain. Gambaran seperti inilah yang dipandang sebagai sosok hamba yang sempurna.

Al-Hasan rah. berkata,
"Andaikata tidak ada orang-orang yang berilmu, tentu manusia tidak berbeda dengan binatang."

Ka'ab rah. berkata,
"Allah mewahyukan kepada Musa as, 'Pelajarilah kebaikan wahai Musa dan ajarkanlah kepada manusia, karena Aku membuat kuburan orang yang mengajarkan kebaikan dan mempelajarinya bercahaya, hingga mereka tidak merasa kesepian di tempatnya'." (Minhajul Qashidin)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bagi Yang Ingin Bertanya

Semoga semua artikel yang ada disini bermanfaat untuk kita semua.

Kategori (Daftar Isi)

Blog Kami Yang Lain

Postingan Populer

Pengunjung

Majelis Syubbanul Khoir. Diberdayakan oleh Blogger.